-->

Biografi Sayyid Muhammad Al-Maliki

Prof. Sy. MUHAMMAD ALAWI AL-MALIKI








Riwayat Hidup

Nama lengkap adalah as Sayyid Muhammad Hasan bin Alawi bin Abbas bin Abdul Aziz al-Maliki, yang dilahirkan di mekah pada tahun 1947 M. Ayahnya bernama sayyid alawi yang merupakan orang taat beragama dan penjaga mesjid selama 30 tahun. muhammad alawi abbas ibn Abdul Aziz al-Maliki mendapatkan pendidikan dari orang tuanya. kemuadian beliau belajar kepada syekh sayyid amin kutbi, syekh hasan masshat, syekh muhammad nur sayf, syekh saeed yamani dan yang lainnya di mekah
Ketika berumur 25 tahun ia melanjutkan pendidikannya ke university al-azhar, selanjutnya muhammad alawi ibn Abdul Aziz al-Maliki mengadakan study banding ke afrika, mesir, siria, turki dan yaman. Pada kesempatan lain dia mendalami tentang agama dengan imam habib ahmad masyhur al-haddad di yaman, syekh asnayn makhluf di mesir, syekh al- ghimari di marojo, syekh diyanuddin qadiri di madinah dan sebagainya.
Pada tahun 1970 muhammad alawi bin Abdul Aziz al-Maliki mendapat gelar profesor dari islamic studies at the ummul qura university mekkah. dan pada 1971, ayahnya meninggal dunia di mesjid kudus mekah. setelah meninggal ayahnya dia melanjutkan karirnya dengan mempelajari berbagai jenis ilmu penggetahuan islam, dan mengadakan particular ke Indonesia, Malasyia, Mesir, Yaman dan Dubai.
Pada tahun 1983, muhammad alawi bin Abdul Aziz al-maliki consentrasi pada penelitian dan mengajar dan dia bermazhab imam maliki yang letaknya di rusayfa mekah, dia termasuk salah seorang qori’ disaudi dan bahkan qori’ internasional yang mewakili mekah tiga kali.dan Muhammad Alawi bin Abdul Aziz al-maliki merupakan orang yang gemar membaca dan kutu buku .




Karya-Karya Beliau
Adapun karya as-sayyid muhammad alawi bin majid al-aziz al-maliki,antara lain :

1) Ushulut Tarbiyah an-Nabawiyah
Prof. Sy.Muhammad alawi al-Maliki di dalam kitab ini menjelaskan bagaimana cara atau metode Rasulsllah SAW mendidik sahabat-sahabatnya, metode-metode apa saja yang di gunakan oleh Rasulullah SAW,dan lain sebagainya.

2) Al-Hawadis
Prof. Sy. Muhammad alawi al-Maliki di dalam kitab ini menguraikan cerita-cerita Rasulullah SAW dari masa kecil beliau, sampai beliau meninggal dunia, dan Prof. Sy. Muhammad alawi al-Maliki juga menyebutkan Mu’jizat-Mu’jizat Rasulullah SAW, dan perang apa saja yang dihadiri beliau ( ghozwah), dan perang apa saja yang tidak dihadiri beliau (sariyah) dan lain sebagainya.

3) Al-Mafahim tajibu an-tushahha
Prof. Sy. Muhammad alawi al-Maliki di dalam kitab ini menjelaskan faham-faham yang salah yang diungkapkan oleh aliran Wahabi dan lain-lain. Seperti: tidak diperbolehkannya ziarah kubur, tahlil, dan tidak di perbolehkan membaca maulid. Dan kemudian Prof. Sy. Muhammad menjelaskan dan menguraikan dalil-dalil yang memperbolehkan hal-hal tersebut. Dan lain sebagainya.

4) Manhajul al-Latif fi ‘ilmi Musthalahil Hadits
Prof. Sy. Muhammad alawi al-Maliki di dalam kitab ini menjelaskan bagaimana cara mengetahui Hadist-Hadist shoheh, hasan, dhoif.Dan beliau juga menguraikan tentang Sahabat-sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadist, dan sahabat-sahabat yang sudah pasti menghuni surga. Sebagaimana yang telah diberitahukan oleh Rasulullah SAW melalui hadist-hadist yang disampaikan oleh beliau.

5) Insanul kamil
Prof. Sy. Muhammad alawi al-Maliki di dalam kitab ini mengutarakan bagaimana keagungan Rasulullah SAW diantara Nabi-Nabi yang lain, dan bagaimana keagungan Umatnya diantara Umat-Umat Nabi yang lain, Mu’jizat Rasulullah, Akhlak-Akhlak Rasulullah dan sifat-sifat jasmani Rasulullah SAW, dan lain sebagainya.

6) Fathul Qoribul Mujib
Prof. Sy. Muhammad alawi al-Maliki di dalam kitab ini menjelaskan hadist-hadist yang bersifat ancaman dan anjuran dalam melakukan sesuatu.

7) Syariatullah al-Khalidah
Prof. Sy. Muhammad alawi al-Maliki di dalam kitab ini menjelaskan tentang asal-usul syariat dan sebab-sebab turunnya syariat Allah. Dan lain sebagainya.

0 Response to "Biografi Sayyid Muhammad Al-Maliki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel